+ Reply to Thread
Page 1 of 2 1 2 LastLast
Results 1 to 12 of 13

Thread: Kotoran/kerak di kaca Aquarium

  1. #1
    Scleropages Junaedy Sulaiman well known in the community
    Join Date
    Feb 2005
    Location
    Bandar Lampung
    Posts
    618
    Rep Power
    11

    Kotoran/kerak di kaca Aquarium

    Bagaimana cara membersihkan kotoran/kerak bekas air di kaca Aquarium ? Saya sudah coba membersihkan dengan digosok pakai cairan pembersih kaca tapi tetap tidak hilang. Kotoran/kerak ini timbul karena permukaan air berkurang.Waktu itu saya isi air sampai penuh, sekarang setelah air dikurangi timbul kerak tsb.

  2. #2
    Registered Member yohanes is pH Netral 7
    Join Date
    May 2007
    Posts
    1
    Rep Power
    0

    Kotoran/kerak di kaca Aquarium

    Setau saya nih, kalo mo ngilangin kerak solusi paling murah dikerok pake cutter, dijamin ilang deh tuh kerak. Tapi Aquariumnya harus yg dari kaca, kalo yang dari fiber bisa baret. Semoga membantu.

  3. #3
    Super Dragon Defro well accepted in the community Defro well accepted in the community Defro well accepted in the community Defro's Avatar
    Join Date
    Jan 2005
    Location
    Serpong
    Posts
    3,787
    Rep Power
    17
    Maksudnya kerak itu bayangan bekas garis air yang dulu?
    Biasanya karena jamur di kaca, coba aja di gosok pake busa dan air garam. Tapi tetap butuh waktu dan tergantung berapa tebal bekasnya, kalo sudah terlalu tebal, gak bisa hilang.

  4. #4
    Senior Dragon enzobali well known in the community enzobali's Avatar
    Join Date
    Jan 2007
    Location
    Bali, Nusa Dua
    Posts
    2,498
    Rep Power
    11
    Bisa dicoba pakai fitsal cairan pembersih. Biarkan beberapa menit. Kalo mau sambil dikerok pakai cutter bisa aja. setelah itu bilas sampai benar2 bersih kemudian jemur. Kalo masih ga mau ilang jalan satu2nya di akalin. tutup pakai sticker dari luar dan air naikkan melewati batas sticker....ga usah repot2 bersihin lagi deh.....ga bakalan keliatan soalnya...hehehe

  5. #5
    Super Dragon arofanatics well known in the community arofanatics's Avatar
    Join Date
    Mar 2005
    Posts
    3,320
    Rep Power
    14
    Quote Originally Posted by enzobali
    Bisa dicoba pakai fitsal cairan pembersih. Biarkan beberapa menit. Kalo mau sambil dikerok pakai cutter bisa aja. setelah itu bilas sampai benar2 bersih kemudian jemur. Kalo masih ga mau ilang jalan satu2nya di akalin. tutup pakai sticker dari luar dan air naikkan melewati batas sticker....ga usah repot2 bersihin lagi deh.....ga bakalan keliatan soalnya...hehehe
    i agree with you...ga usa repot2

  6. #6
    No. ACI Card: 001-444
    Super Dragon
    dave77 well known in the community dave77 well known in the community dave77's Avatar
    Join Date
    Jun 2005
    Location
    ARO ROOM
    Posts
    3,759
    Rep Power
    14
    betul, saya juga kerik pakai pisau silet.
    katanya sih kaca aquarium bisa berkerak karena kadar kapur dalam air tinggi.
    bisa di minimalis dengan mengontrol kadar Gh nya.
    tapi teori ini agak ribet ngejalaninnya.
    buat saya yang penting aquarium bersih, air bersih, ikan mau makan dan ikan tambah merah...

  7. #7
    Aro Member jockey is pH Netral 7 jockey's Avatar
    Join Date
    Dec 2006
    Location
    Sungai & Danau
    Posts
    41
    Rep Power
    0
    Pak Jun,
    Dah dicoba pake Mama Lemon...?

  8. #8
    Senior Dragon enzobali well known in the community enzobali's Avatar
    Join Date
    Jan 2007
    Location
    Bali, Nusa Dua
    Posts
    2,498
    Rep Power
    11
    Quote Originally Posted by dave77
    betul, saya juga kerik pakai pisau silet.
    katanya sih kaca aquarium bisa berkerak karena kadar kapur dalam air tinggi.
    bisa di minimalis dengan mengontrol kadar Gh nya.
    tapi teori ini agak ribet ngejalaninnya.
    buat saya yang penting aquarium bersih, air bersih, ikan mau makan dan ikan tambah merah...
    Cara ngecek and nurunin Gh gimana bos dave?? jadi penasaran neh,....walau dibilang ribet...malah justru pengen tau....share donk?

  9. #9
    Registered Member MARIO TUBUN is pH Netral 7
    Join Date
    Nov 2013
    Posts
    2
    Rep Power
    0
    pake pembersih top gress aja, ane dapet tu barang di http://www.tokopedia.com/topgress/pe...-kaca-aquarium paling gampang & aman, dari kebanyakan aquarium bekas yg ane dapet emang bener bs jadi baru semua, walo keraknya susah banget ternyata jg emang bener gampang tinggal di usap - diemin 15 menit - gosok pake serabut logam - bilas pake sunlight & air sampe bersih.. bukanya ane ngiklanin barang orang tapi shere pengalaman aja gan

  10. #10
    Aro Lover rooserver is pH Netral 7
    Join Date
    Dec 2012
    Posts
    189
    Rep Power
    2
    Pakai Thiner Bro... aqua saya kemarin pecah..jadi di renovasi lg dibongkar gtu ..skalian dibersihin kerak jamur pakai thiner.. tapi yg bagus punya thiner jadi lbh gampang. semonga membantu..

  11. #11
    Scleropages Aro_mutiara is pH Netral 7 Aro_mutiara's Avatar
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    Mutiara Regency A2-29 Sidoarjo
    Posts
    666
    Rep Power
    2
    Quote Originally Posted by rooserver View Post
    Pakai Thiner Bro... aqua saya kemarin pecah..jadi di renovasi lg dibongkar gtu ..skalian dibersihin kerak jamur pakai thiner.. tapi yg bagus punya thiner jadi lbh gampang. semonga membantu..
    Pakai tinner A atau B bro? Apa gak pengaruh ke lem siliconnya.

  12. #12
    Scleropages Aro_mutiara is pH Netral 7 Aro_mutiara's Avatar
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    Mutiara Regency A2-29 Sidoarjo
    Posts
    666
    Rep Power
    2
    Quote Originally Posted by rooserver View Post
    Pakai Thiner Bro... aqua saya kemarin pecah..jadi di renovasi lg dibongkar gtu ..skalian dibersihin kerak jamur pakai thiner.. tapi yg bagus punya thiner jadi lbh gampang. semonga membantu..
    Pakai tinner A atau B bro? Apa gak pengaruh ke lem siliconnya.

+ Reply to Thread

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

     

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
[Output: 81.24 Kb. compressed to 70.78 Kb. by saving 10.46 Kb. (12.88%)]