PDA

View Full Version : Aro makannya dikunyah...



alsukrib
05-12-2007, 04:32 PM
Kenapa ya kalo nafsu makannya menurun drastis Aro-ku makannya dikunyah2..? Padahal udah dikasih vit Arowana Vital, pakan udah diganti dari kodok, jangkrik, sampe ulet bambu. Kodok sama sekali ga mau. Jangkrik/ulet bambu cuma mau 2 atau 3 ekor perhari. Mohon pencerahannya Bozz2 senior semua.. Please...

roysnovie
05-12-2007, 05:01 PM
udah puasain dulu?

newb4ev3r
05-12-2007, 07:39 PM
Sama nih aro gue juga ada yang gini.... udah dari sononya kali yah.... aronya kaga demen makan, pengen tetep langsing....

SpardaX2X
05-12-2007, 11:10 PM
Kenapa ya kalo nafsu makannya menurun drastis Aro-ku makannya dikunyah2..? Padahal udah dikasih vit Arowana Vital, pakan udah diganti dari kodok, jangkrik, sampe ulet bambu. Kodok sama sekali ga mau. Jangkrik/ulet bambu cuma mau 2 atau 3 ekor perhari. Mohon pencerahannya Bozz2 senior semua.. Please...
Newbie nyumbang pendapat nih :)

bro alsukrib klo bs jgn diksh vit arowana vital :confused: soalnya aro gw dulu juga gua kasi vit itu eh malah males makan si doi :rolleyes:

gw gak tau apa krn vit tersebut atau bukan. tapi setelah gw gk pernah pakai lagi dan sering2x ganti air 20% setiap 2-3 hr aro gw makannya rakus banget
padahal gw beli dr kurus and kecil banget, skrg udah montok krn doyan makan :D:D:D

donkey_gold
06-12-2007, 09:43 AM
bro, kalo aro uk brp? Kadang kalo aro uk. kecil msh blm berani makan kodok tp tergantung mental aronya jg....

kalo ganti pakan harus dibiasakan, misal biasa makan jangkrik trus, disaat ganti pakan lain seperti ulat itu perlu adaptasi..pasti makannya tdk sebanyak makanan sblmnya....

masalah aro vital sy sih memang pake dan so far aro makan lancar2 aja...

tp memang paling penting kualitas air, disaat air kotor dan biasanya selera makan aro akan berkurang...

good luck...

quote=alsukrib]Kenapa ya kalo nafsu makannya menurun drastis Aro-ku makannya dikunyah2..? Padahal udah dikasih vit Arowana Vital, pakan udah diganti dari kodok, jangkrik, sampe ulet bambu. Kodok sama sekali ga mau. Jangkrik/ulet bambu cuma mau 2 atau 3 ekor perhari. Mohon pencerahannya Bozz2 senior semua.. Please...[/quote]

alsukrib
06-12-2007, 04:43 PM
Aro aku ukurannya sekitar 23 - 25 cm. Air aku ganti 20% seminggu sekali. Pernah aku ganti 3 hari sekali malah lebih ga mau makan. Jadi kalo udah agak lama airnya malah agak lahap makannya. Pernah makan lahap bgt krn aku kasih arowana vital sblmnya. Tapi skrg balik lagi ga nafsu makan.. Trs ya itu makannya pake dikunyah engga lsg ditelen...

enzobali
06-12-2007, 05:09 PM
masalah makan emang sering bikin kesel. rasanya kurang mantab kalo punya aro ga doyan makan...:D. masalah biasanya datang dari kualitas air, suhu, dan lingkungan. atau karena aro dari kecil sudah di forsir makannya jadi perutnya ga bener. makanya biasanya orang bilang kalo aro kecil di kasi cacing beku aja atau ulat hongkong. "kasian perutnya" kata orang:D

sekedar tips aja sesuai pengalaman gw (boleh di terima boleh ga:D):

1. masalah tempat AQ juga sedikit banyak berpengaruh. misalnya ditempatkan di tempat sepi/jarang orang lalu lalang (terutama bagi aro yang bermental ceketek). hal tersebut untuk menghidari stress yang berakibat ga mau makan.

2. trus AQ di buatkan arus agar aro bisa bergerak terus yang menyebabkan sering lapar. lagi pula perputaran arus dapat membuat kotoran yang kecil spt debu dapat tersaring.

3. suhu harus terus di jaga. kata orang di 28-29c. tapi boleh pasang heater boleh ga. yang penting thermo harus tetap ada. jadi setiap suhu turun langsung idupin heater. lumayan hemat listrik....300wt boooo:D:D
kalo suhu naik, gw cemplungi es cube:D:D:D satu persatu.

4. kualitas air kudu di jaga. dari pH, kH,gH dsb. tanya bro newb4ev3r masalah beginian:kekekekek. bagi yang males ngoprek2 air (kaya gw:D), sumber air kudu di cek, kalo rata2 baik, ga bgt masalah untuk kedepannya. yang penting ada netralisir air.

5. tankmate. buat gw tankmate itu perlu. pertama untuk membantu menaikan nafsu makan aro karena sering kali berebutan makanan atau sering olahraga ngejar2 tankmate:D. kedua, karena tankmate jarang di supply makanan kotoran aro sering kali dimakan tankmate juga (hhiiiiiii). kalo ga bisa buat kualitas air jelek. kecuali rajin buang kotoran yah:p.
kalo gw milih tankmate jenis synodontis & kaviat.

6. pemberian vitamin boleh2 aja dan sah2 aja. itung2 nyumbang buat yang jualan....hihihi:D:D. tp terus terang gw juga jarang ngasi vitamin:D.

7. pemberian pakan kudu bervariasi dan ga terlalu over biar ga bosen aronya.

8. masalah lampu konon juga berpengaruh. ada beberapa jenis lampu yang spektrum cahayanya dapat membantu meningkatkan nafsu makan aro. ada uvA, uvB dan uvC. masing memiliki pengaruh yang berbeda2...cuman gw lupa masing2 pengaruhnya:D....yang jelas uvA adalah yang terbaik untuk ikan. sementara uvC sangat berbahaya.


semoga bermanfaat...hehehe....:D

newb4ev3r
07-12-2007, 08:12 PM
Wuihhh.... komplit bener nih wejangannya.... :thumbs up

alungsohot
07-12-2007, 09:20 PM
Wah udah kebuka kamusnya nich semoga sukses

enzobali
07-12-2007, 09:49 PM
Wuihhh.... komplit bener nih wejangannya.... :thumbs uphuahaha....kebetulan lagi mood ngetik....:D:D:D:D....kebetulan juga baru pasang broadband di rumah (gwnya yang telat)...jadi tambah betah di ACI:D:D:D....kebetulan kepala lagi ga stress:D...kebetulan...kebetulan gw inget semua:D:D:D

donkey_gold
08-12-2007, 10:35 AM
kebetulan datang jakarta, kebetulan ditelpon hp gak dijawab semua....:D :D :D u should know what i mean....:D :D :D


huahaha....kebetulan lagi mood ngetik....:D:D:D:D....kebetulan juga baru pasang broadband di rumah (gwnya yang telat)...jadi tambah betah di ACI:D:D:D....kebetulan kepala lagi ga stress:D...kebetulan...kebetulan gw inget semua:D:D:D

enzobali
08-12-2007, 12:13 PM
kebetulan datang jakarta, kebetulan ditelpon hp gak dijawab semua....:D :D :D u should know what i mean....:D :D :Dkebetulan pake lifeboy, bukan biore...:D:D:D

donkey_gold
08-12-2007, 01:26 PM
:D :D :D :D :D :D :D :D


kebetulan pake lifeboy, bukan biore...:D:D:D

newb4ev3r
11-12-2007, 11:37 PM
:D :D :D :D :D :D :D :D
:confused::confused::confused::confused:........:D :D:D:D

bowie79
17-12-2008, 01:45 PM
Spam Deleted !